8 Pintu Rezeki yang Ada dalam Alquran, Usaha hingga Menikah

waktu baca 3 menit
Kamis, 2 Mei 2024 19:11 0 53 beritaindo.co.id

beritaindo.co.id — pintu rezeki merupakan cara manusia memperoleh rezeki. Allah telah menyediakan banyak pintu untuk mendapatkan rezeki agar manusia mau meraih keberkahan darinya.

Manusia terkadang sering khawatir mengenai rezeki, manusia merasa rezeki itu sempit padahal Allah telah memberikan pintu rezeki yang amat luas.

Dilansir dari laman resmi Persatuan Islam, terdapat 8 pintu rezeki yang ada dalam Aqlruan yang Allah berikan untuk hambanya, yaitu:

1. Rezeki yang telah Dijamin

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).” (Q.S Hud : 11). 

Ayat tersebut menerangkan bahwa Allah telah menjamin rezeki bagi semua makhluk hidup, semua makhluk yang bernyawa telah diberikan rezekinya masing-masing oleh Allah agar dapat menjalankan tugasnya.

2. Rezeki karena Usaha

Tentu saja manusia perlu berusaha agar mendapatkan rezeki, usaha yang dimaksud adalah bekerja.

Allah SWT berfirman dalam Alquran surat An-Najm ayat 39 yang artinya “Dan diajarkan pula dalam lembaran-lembaran kitab suci itu bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan usahanya yang baik atau buruk tidak akan dihilangkan.”

Ketika manusia bekerja keras maka rezekinya akan berlimpah.

3. Rezeki karena Bersyukur

Ketika manusia telah mendapatkan rezeki yang ia usahakan, maka manusia perlu bersyukur atas apa yang telah ia dapatkan.

Allah SWT berfirman yang artinya “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat’.”

4. Rezeki yang Tidak Terduga

Rezeki ini hanya dikhususkan bagi makhluk yang bertakwa kepada Allah SWT. 

“Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (Q.S At-Talaq : 3).

5. Rezeki karena Istigfhar

“Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun,Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu’.” (Q.S Nuh :10-12).

Allah akan memberikan rezeki yang lebih kepada manusia yang sering beristigfhar. 

6. Rezeki karena Menikah

Menikah bukan hanya karena saling mencintai dan menghindari perbuatan maksiat tetapi menikah juga dapat melapangkan rezeki bagi pasangan suami istri.

Allah akan membukakan pintu berkah bagi orang-orang yang menikah, Allah bersabda dalam surat An-Nur ayat 32 yang artinya,

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” 

7. Rezeki karena Anak

Anak merupakan karunia yang Allah berikan kepada pasangan suami istri agar keduanya merawat anak dengan baik, Allah telah memberikan rezeki kepada setiap anak.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.” (Q.S Al-Isra :31).

8. Rezeki karena Sedekah

“Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (Q.S Al-Baqarah :245)

Banyak yang beranggapan bahwa ketika seseorang yang memberikan sedikit kepunyaannya kepada orang lain maka apa yang dimiliki oleh orang tersebut akan berkurang, padahal ketika seseorang bersedekah justru Allah akan memambah rezeki pada dirinya.

Demikian 8 pintu rezeki yang ada dalam Quran, manusia perlu bersyukur atas apa yang telah Allah berikan. 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA